PENGARUH PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK HANDPHONE OPPO DI SHOPEE WILAYAH JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.35968/fg9d2a95Keywords:
promosi, persepsi harga, kepuasan konsumenAbstract
Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen atau seseorang setelah melakukan perbandingan antara apa yang diterima dengan apa yang diharapkan. Ketika apa yang didapatkan oleh konsumen sesuai dengan harapannya, maka konsumen akan merasa senang dan puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Handphone Oppo Di Shopee Wilayah Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Handphone Oppo Di Shopee Wilayah Jakarta Timur, dan menggunakan sampel yang terdiri dari 100 responden. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat uji SPSS versi 26. Hasil penelitian didapat pengaruh Promosi dan Persepsi Harga baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, yang ditunjukkan oleh persamaan : dimana = prediksi Kepuasan Konsumen, X1 = Promosi, dan X2 = Persepsi Harga. Adapun koefisien determinasi atau R2 = 0,802 yang berarti kontribusi pengaruh Promosi dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 80,2% sisanya sebesar 19,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.