PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA TOKOPEDIA DI JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.35968/3prc2335Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan PelangganAbstract
Kepuasan pelanggan merupakan indikator kesuksesan bisnis di masa depan dengan banyak factor dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Tokopedia, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi yang merupakan pelanggan Tokopedia di wilayah Jakarta timur dan sampel yang digunakan adalah 100 responden pengguna aplikasi Tokopedia yang telah berbelanja minimal dua kali dengan harapan dapat memperoleh pendapat responden yang valid.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan dan kualitas pelayanaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Besarnya pengaruh variabel Kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,688 atau 68,8%. Sedangkan, sisanya sebesar 31,8% diterangkan oleh faktor- faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Adapun pengaruh variabel-variabel independent terhadap variabel dependent pada penelitian ini, disajikan pada persamaan regresi (Y) = 22,888 + 0,264 X1 + 0,275 X2 .dimana : Y= Kepusan Pelanggan, X1= Kualitas Pelayanan dan X2= Kepercayaan Pelanggan.