PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.35968/pkaby422Keywords:
Citra Merek; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian; ShopeeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi shopee di wilayah Jakarta Timur. Populalsi dalam penelitian ini adalah konsumen shopee yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta Timur dengan minimal sudah melakukan transaksi pembelian sebanyak lebih dari 3 kali dalam setahun terakhir, dan menggunakan sampel yang terdiri dari 100 responden. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F dengan alat bantu SPSS 21.0. Berdasarkan hasil uji parsial (Uji t) variabel citra merek (X1) menunjukan bahwa nilai thitung yaitu 4,994 < ttabel (df=97, α=0,05) = 1,98472, dengan taraf signifkansi 0,000 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “citra merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian”. Variabel persepsi harga (X2) menunjukan bahwa nilai thitung yaitu 10,953 > ttabel (df=97, α=0,05) = 1,98472, dengan taraf signifkansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “persepsi harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian”. Hasil perhitungan statistik dengan analisis regresi linier dapat ditunjukan dengan persamaan regresi Y = 13,217 + 0,747 X1 + 1,128 X2 dimana Y = Keputusan Pembelian, X1 = Citra Merek, X2 = Persepsi Harga . Dari persamaan regresi tersebut diketahui bahwa citra merek dan persepsi harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,552. Hal ini menunjukan bahwa citra merek, dan persepsi harga mampu menjelaskan keputusan pembelian sebesar 55,2%. Sedangkan sisanya 44,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.