PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN J&T EXPRESS

Authors

  • Ratna Yunita Dewi Author
  • Sri Yanthy Yosepha Author

DOI:

https://doi.org/10.35968/c8wdqg86

Keywords:

Kualitas Pelayanan;Kepercayaan;Loyalitas Konsumen; J&T Express

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen pada jasa pengiriman J&T Express secara empiris, baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma yang pernah melakukan pembelian produk minimal dua kali dalam setahun terakhir. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan melalui fasilitas chatting seperti aplikasi whatsapp dan line. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data dengan menggunakan uji regresi linier berganda, dengan uji hipotesis parsial dan simultan yang diolah menggunakan program SPSS versi21.0.Hasil penelitian ini menunjukan kedua variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan kepercayaan pada taraf nyata 5% berpengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen. Hubungan ini ditunjukkan oleh persamaan regresi: Y = 7,348 + 0,116 X1+ 0,766 X2, dimana X1 = kualitas pelayanan, X2 = kepercayaan, Y = loyalitas konsumen. Selain itu dalam penelitian ini variasi data kualitas pelayanan dan kepercayaan dapat menjelaskan loyalitas konsumen sebesar 51,4 %, selebihnya sebesar 48,6% dijelaskan oleh faktor lain.

Downloads

Published

2020-11-01

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN J&T EXPRESS. (2020). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 82-91. https://doi.org/10.35968/c8wdqg86

Similar Articles

11-17 of 17

You may also start an advanced similarity search for this article.