PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK (ALFAMART) AREA RAWALUMBU, KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.35968/kag71a24Keywords:
motivasi, budaya organisasi, loyalitas karyawanAbstract
Saat ini perusahaan dituntut untuk dapat melakukan perubahan dari segi eksternal maupun internal dengan kemajuan teknologi untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan budaya organisasi terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Area Rawalumbu, Kota Bekasi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat kausal dengan metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini 90 orang (15 toko). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis regresi linear berganda dan alat analisis yang digunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan sebesar 42,8%, budaya organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan sebesar 28%, motivasi dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Area Rawalumbu, Kota Bekasi. Besar kontribusi motivasi dan budaya organisasi terhadap loyalitas karyawan sebesar 41,3% sedangkan sisanya sebesar 58,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.