PENGARUH BRAND IMAGE DAN BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAKE OVER DI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM DAN YOUTUBE)
DOI:
https://doi.org/10.35968/1j36k056Keywords:
Brand Image, Beauty Vlogger, Keputusan Pembelian, Make OverAbstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di media sosial (Instagram dan Youtube), menganalisis pengaruh beauty vogger terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di media sosial (Instagram dan Youtube), serta menganalisis pengaruh brand image dan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di media sosial (Instagram dan Youtube). Populasi penelitian terdiri dari masyarakat yang pernah melihat foto/video beauty vlogger di media Instagram dan Youtube untuk mengulas produk kosmetik Make Over. Sampel penelitian terdiri dari 97 responden. Jenis data yang digunakan ialah kuantitatif dan menggunakan skala likert dan menggunakan bantuan Software Statiscal Package For The Social Scienses (SPSS). Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji realiabilitas, regresi linier berganda dua, uji t, uji F dan uji R2 dengan alat bantu SPSS 24.0. Adapun hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= 0,038 + 0,0662 X1 + 0,324 X2 + e, dari persamaan regresi diketahui bahwa brand image dan beauty vlogger berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 = 0,726, yang artinya naik turunnya variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu brand image dan beauty vlogger sebesar 72,6%, sedangkan sisa 27,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas oleh penelitian ini.