PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE GENERASI Z PENGGUNA TOKOPEDIA DI BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.35968/Keywords:
Promosi Penjualan, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara promosi penjualan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, pada pengguna Tokopedia di Bekasi yang melakukan pembelian sejak Januari 2022. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden, pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R2 dengan software SPSS 26.0. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi 23,420 + 0,488 X1 + 0,296 X2, berdasarkan persamaan regresi diketahui promosi penjualan dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 = 0,218, artinya naik turunnya variabel keputusan pembelian, dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu promosi penjualan dan kualitas produk sebesar 21,8%. Sedangkan sisanya 78,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nur Hasanah, Wasis Gunadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.