PENGARUH IKLAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKOPEDIA(Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek)

Authors

  • Femi Andriani Author
  • Sari Nalurita Author

DOI:

https://doi.org/10.35968/djw5j281

Keywords:

Iklan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Tokopedia

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh iklan dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jabodetabek. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna Tokopedia yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dengan minimal melakukan transaksi pembelian 3 kali dalam setahun terakhir. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 97 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan secara online menggunakan Google Drive dan disebar melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R2 dengan alat bantu SPSS 25.0. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi dimana Y = 12,788 + 0,470 X1 + 0,876 X2, dari persamaan regresi diketahui bahwa iklan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2= 0,731, yang artinya naik turunnya variabel keputusan pembelian, dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu iklan dan kualitas pelayanan sebesar 73,1%, sedangkan sisanya 26,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2021-08-24

How to Cite

PENGARUH IKLAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKOPEDIA(Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). (2021). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266-278. https://doi.org/10.35968/djw5j281