PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK (ALFAMART) AREA RAWALUMBU, KOTA BEKASI

Authors

  • Fajar Hidayat Author
  • Vera Sylvia Saragi Sitio Author

DOI:

https://doi.org/10.35968/kag71a24

Keywords:

motivasi, budaya organisasi, loyalitas karyawan

Abstract

Saat ini perusahaan dituntut untuk dapat melakukan perubahan dari segi eksternal maupun internal dengan kemajuan teknologi untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan budaya organisasi terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Area Rawalumbu, Kota Bekasi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat kausal dengan metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini 90 orang (15 toko). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis regresi linear berganda dan alat analisis yang digunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan motivasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan sebesar 42,8%, budaya organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan sebesar 28%, motivasi dan budaya organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Area Rawalumbu, Kota Bekasi. Besar kontribusi motivasi dan budaya organisasi terhadap loyalitas karyawan sebesar 41,3% sedangkan sisanya sebesar 58,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

PENGARUH MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK (ALFAMART) AREA RAWALUMBU, KOTA BEKASI. (2022). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.35968/kag71a24

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

11-20 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.