PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MEMBER PLATINUM INDOGROSIR BEKASI
Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan member platinum Indogrosir Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian 235 responden dengan teknik pengambilan sampel jenuh dengan jumlah sampel 148 member. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1 sampai dengan 5. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 19,4%; 2) Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 43,7%; 3) Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan member platinum Indogrosir Bekasi. Pengaruh positif dan signifikan secara simultan promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 18,9%, sedangkan sebesar 81,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
References
A Shimp, Terence. (2007). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jilid I, edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga.
Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategis, terj. David Wijaya, Herwita, dan Hirson Kurnia. Jakarta: Salemba Empat.
Aaker, David. (2014). Aaker On Branding. 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Agus Hermawan. (2013). Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta. PT Buku Seru. Hal 38.
Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa.
Anissa, Faradina, 2016. Jurnal “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda”. 1600-6074-1-PB.pdf.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, (2006). Manajemen Penelitian Edisi Revisi, Jakarta : Rineka Cipta.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Azmi, Fauzi, Kurniawan Sarlo, Kenny, Jarungjung Hutagaol, dan Made Adhiguna Samvara. 2019. “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pembelian Tiket Pesawat Garuda pada PT. Hamsa Tour and Travel”. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), Vol.2 No.2, ISSN 2614-3259.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam.
Barnes, J. G. 2003. Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi.
Boyd, Harper W, Orville C Walker and Jean Claud L. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish
Ghazali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete. Semarang: Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Griffin.2013. Perilaku Organisasi Manajemen. Jakarta : Salmeba Empat.
H.A.S. Moenir. 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indoensia. Jakarta.PT: Bumi Akasara.
Jaka, A. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, Vol 2, No. 1, April 2018.
Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali
Kotler, Philip, (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip, Thomas Hayes, dan Bloom Paul N. 2016. Marketing Professional Service. Prentice Hall International Press.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks
Nasution, E. S., & Rinaldi, M. (2021). "Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Pada PT. Alfa Scorpii Medan". Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya (JMBEP). Vol. 7, No. 1, Hal. 66-78.
Sampara Lukman. 2014. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: Stia Lan Press.
Sandi Kurniawan dan Rama Chandra (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan yang di Mediasi Citra Merek (Studi Kasus E-Wallet DANA di Pabrik Mie)
Setiawan, Riyan Agung. 2013. “Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: “Waroeng Spesial Sambal Cabang Gonilan-Surakarta)”. Skripsi. Surakarta: Fakultas ekonomi dan bisnis dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sinambela, Lijan Poltak. (2014). Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima, Jakarta : PT Bumi Aksara. Hlm 6
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sugiyono, & Susanto, A. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Swastha dan Irawan dalam Widagdo (2011). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2013, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy., 2004, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy., 2012, Pemasaran Jasa. Jogjakarta: Penerbit Andi
William F. Schoell, (1993), ‘Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi’, Bandung : Penerbit ALFABETA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.