PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN NET PROFIT MARGIN TERHADAP PRICE TO BOOK VALUE PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TOURISM, RESTAURANT, DAN HOTEL YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2019

Authors

  • Syifa Aulia Rahmawati Author
  • Saur Costanius Simamora Author

Keywords:

Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Price to Book Value

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin terhadap Price to Book Value. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor tourism, restaurant, dan hotel yang terdaftar di BEI periode 2015-2019 yang berjumlah 39 perusahaan. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari www.idx.co.id.

Metode analisa data adalah regresi linear berganda, dengan uji hipotesis parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh secara signifikan terhadap Price to Book Value, sedangkan Net Profit Margin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Price to Book Value. Selain itu, dalam penelitian ini Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin memiliki pengaruh sebesar 23,2 % sedangkan sisanya sebesar 76,8 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2021-08-24