PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI TOKOPEDIA WILAYAH DKI JAKARTA

Authors

  • Muhammad Ghaffar Maulana Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author
  • Wasis Gunadi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author

DOI:

https://doi.org/10.35968/

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Tokopedia

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online di Tokopedia wilayah DKI Jakarta dengan melakukan pembelian sebanyak dua kali. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 100 responden dimana penyebaran kusioner dilaksanakan secara online menggunakan goggle form dan disebar melalui media sosial seperti WhatsApp. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R2 dengan alat bantu SPSS 25.0 Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi dimana Ŷ = 16,079 + 0,664 X1 + 0,5 X2 dimana Y = Keputusan Pembelian X1 = Promosi X2 = Kualitas Pelayanan, dari persamaan regresi tersebut diketahui bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 = 0,745, yang artinya naik turunnya variabel keputusan pembelian, dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu promosi dan kualitas pelayanan sebesar 74,5%, sedangkan sisanya 25,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2023-04-24

How to Cite

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI TOKOPEDIA WILAYAH DKI JAKARTA. (2023). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 3(2), 183-197. https://doi.org/10.35968/

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.