PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI TOKOPEDIA WILAYAH DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.35968/Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, TokopediaAbstract
Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online di Tokopedia wilayah DKI Jakarta dengan melakukan pembelian sebanyak dua kali. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 100 responden dimana penyebaran kusioner dilaksanakan secara online menggunakan goggle form dan disebar melalui media sosial seperti WhatsApp. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji R2 dengan alat bantu SPSS 25.0 Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi dimana Ŷ = 16,079 + 0,664 X1 + 0,5 X2 dimana Y = Keputusan Pembelian X1 = Promosi X2 = Kualitas Pelayanan, dari persamaan regresi tersebut diketahui bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 = 0,745, yang artinya naik turunnya variabel keputusan pembelian, dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu promosi dan kualitas pelayanan sebesar 74,5%, sedangkan sisanya 25,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ghaffar Maulana, Wasis Gunadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.