Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Makanan Pada Rumah Makan Bakso Rusuk Joos Berbasis Web

Authors

  • Diyan Mukti Raharjo Author
  • Tata Sumitra Author
  • Jehan Septi Kurnia Author

DOI:

https://doi.org/10.35968/jurmasin94

Keywords:

Pemesana Makanan, Sitem Informasi, Web-Based

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang pesat telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk dalam industri kuliner. Rumah Makan Bakso Rusuk Joos, yang berlokasi di Bekasi, saat ini masih mengandalkan sistem pemesanan manual menggunakan media kertas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi pemesanan makanan berbasis web di rumah makan tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan sistem dengan melakukan observasi langsung, wawancara dengan staf, dan studi literatur untuk memahami kebutuhan dan proses saat ini. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, dimulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan, meminimalisir penggunaan kertas, serta meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mempercepat proses transaksi. Manfaat dari penelitian ini tidak hanya untuk Rumah Makan Bakso Rusuk Joos tetapi juga untuk kontribusi pada pengembangan sistem informasi berbasis web dalam konteks industri makanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

VINA ALBARSYAH VA. Perkembangaan Ekonomi Digital Mengenai Perilaku Pengguna Media Sosial dalam Melakukan Transaksi. JMEB J Manaj Ekon Bisnis. 2023;1(2):90–7.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri M. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan [Internet]. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 2019. 228 p. Available from: http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Aman M, Suroso. Pengembangan Sistem Informasi Wedding Organizer Menggunakan Pendekatan Sistem Berorientasi Objek Pada CV Pesta. J Janitra Inform dan Sist Inf. 2021;1(1):47–60.

Azizah N, Yuliana L, Juliana E. Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan Harian Lepas Pada Pt Flex Indonesia. SENSI J. 2017;3(1):14–21.

Downloads

Published

— Updated on 2024-08-27

How to Cite

Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Makanan Pada Rumah Makan Bakso Rusuk Joos Berbasis Web. (2024). Jurnal Mahasiswa Informatika Dan Desain, 1(2), 109-122. https://doi.org/10.35968/jurmasin94

Similar Articles

11-16 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.