PENGARUH DEBT TO ASSET RATIO (DAR) DAN TOTAL PENJUALAN TERHADAP CURRENT RATIO (CR) PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2021

Authors

  • Ami Fathurachmi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author
  • Tutik Siswanti Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Author

DOI:

https://doi.org/10.35968/0cweke73

Keywords:

Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR), Total Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Total Penjualan terhadap Current Ratio (CR) perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2021. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2021 dengan sampel sebanyak 184 laporan keuangan. Data diperoleh dengan mengunduh dari website resmi BEI dan perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial berpengaruh terhadap Current Ratio (CR) dengan nilai t hitung sebesar 14,813 > t tabel 1,97316 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan secara parsial Total Penjualan tidak berpengaruh terhadap Current Ratio (CR) dengan nilai t hitung sebesar 1,376 < t tabel 1,97316 dan nilai signifikansi sebesar 0,170 > 0,05.  Sedangkan secara simultan Debt to Asset Ratio (DAR) dan Total Penjualan berpengaruh terhadap Current Ratio (CR). Dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi R Square sebesar 0,559 (55,9%) sehingga kemampuan model dalam menerangkan seberapa pengaruh variabel bebas (Debt to Asset Ratio dan Total Penjualan) mempengaruhi variabel terikat (Current Ratio) adalah sedang. sisanya sebesar 44,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Published

2023-09-24

How to Cite

PENGARUH DEBT TO ASSET RATIO (DAR) DAN TOTAL PENJUALAN TERHADAP CURRENT RATIO (CR) PADA PERUSAHAAN SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2021. (2023). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 3(3), 189-203. https://doi.org/10.35968/0cweke73